24 November 2009

Siapakah Sir William Ramsay??

Posted in tentang gas mulia tagged pada 7:38 pm oleh lorop4tu

Mmm..

Yang kita tahu selama ini.. Tokoh-tokoh kimia terkenal itu Svante August Arrhenius, Neil Bartlett, Dewi Setiawati, Michael Faraday, Hana Hajar Hasanah, Antoine Laurent Lavoisier, Shopi Sa’diah, Sir Joseph John Thomson, Tia Gianita, Alexander Williamson, Wahyu Dwi Nurcahyo, Dmitri Ivanovich Mendeleyev, dan lain-lain.. Eeehh,, siapa pula Sir William Ramsay??

Ternyata eh ternyata,, Ia juga termasuk para tokoh kimia terkenal itu (amiin..) lho teman..

Mau tahu biografinya???

Begini nih..

William Ramsay lahir di Glasgow pada 2 Oktober 1852,Ia adalah keponakan dari ahli geologi, Sir Andrew Ramsay. (keren ya..) Ramsay memulai studinya di kota kelahirannya Glasgow dan mendapatkan gelar doktor dalam kimia di Tuebingen, lebih fokus pada kimia organik. Saat kembali ke Britania Raya dan pengangkatannya pada kedudukan akademis di University of Bristol dan kemudian di University College, London, ia terkenal untuk penemuan dan ketelitian teknik-teknik eksperimentalnya, khususnya metodenya untuk menentukan berat molekul zat dalam keadaan cair.

Pada 1892 keingintahuan Ramsay dibuat kesal oleh pengamatan John William Strutt bahwa kepadatan nitrogen yang diekstrakkan dari udara selalu lebih besar daripada nitrogen yang dibebaskan dari berbagai macam senyawa kimia. Kemudian Ramsay mulai mencari gas tak dikenal yang lebih padat di udara, yang—saat ditemukan—dinamainya argon. Saat meneliti adanya argon di mineral beruranium, ia malah menemukan helium, yang sejak 1868 telah diketahui ada, namun hanya pada matahari. Penemuan ke-2 ini membuatnya mengusulkan keberadaan golongan baru dari unsur di tabel periodik. Dengan cepat ia dan pembantunya mengisolasi neon, kripton, dan xenon dari atmosfer bumi.

Ia menerima Hadiah Nobel pada 1904, selain penghargaan luarrr biasa itu, ia juga mendapatkan penghargaan kehormatan dari Institut de France, Royal Akademi Irlandia, Berlin, Bohemia, Belanda, Roma, Petrograd, Turin, Rumania, Wina, Norwegia dan Swedia; Akademi Jenewa, Frankfurt dan Meksiko; di Jerman Masyarakat Kimia; Royal Kedokteran dan Chirurgical Society of London; Académie de Médecine de Paris; Pharmaceutical Society, dan Philosophical Society of Manchester, Philadelphia dan Rotterdam. Dia juga menerima Davy dan Longstaff Medals, kehormatan doktor dari Dublin University, Barnardo Medali dan hadiah sebesar $ 5,000 dari Smithsonian Institution, sebuah hadiah Fr. 25,000 dari Perancis (bersama dengan Moissan ), dan Medali emas AW Hoffmann (Berlin, 1903).

Pada tahun 1881 Ramsay menikah dengan Margaret, puteri George Stevenson Buchanan. Mereka punya satu putra dan satu putri. Rekreasi nya adalah bahasa dan perjalanan.

Sir William Ramsay meninggal di High Wycombe, Buckinghamshire, pada 23 Juli 1916.

Luarrr biasa kann jasa beliau??

2 Komentar »

  1. cun said,

    Wah keren banget ya William Ramsay….

  2. cica said,

    sungguh kinerja yang menginspirasi banyak orang🙂
    pada abad sgitu bangsa kita masih dalam masa penjajahan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: